Thursday, May 10, 2007

DIABETES INSIPIDUS

DEFENISI
Diabetes insipidus adalah pengeluaran cairan dari tubuh dalam jumlah yang banyak yang disebabkan oleh dua hal :
@ Gagalnya pengeluaran vasopressin
@ Gagalnya ginjal terhadap rangsangan AVP
Diabetes insipidus adalah suatu penyakit yang jarang ditemukan, penyakit ini diakibatkan oleh berbagai penyebab yang dapat menganggu mekanisme neurohypophyseal – renal reflex sehingga mengakibatkan kegagalan tubuh dalam mengkoversi air .

GEJALA KLINIS
Keluhan dan gejala utama diabetes insipidus adalah poliuria dan polidipsia. Jumlah cairan yang diminum maupun produksi urin per 24 jam sangat banyak , dapat mencapai 5 – 10 liter sehari. Berat jenis urin biasanya sangat rendah , berkisar antara 1001 – 1005 atau 50 – 200 mOsmol/kg berat badan. Selain poliuria dan polidipsia , biasanya tidak terdapat gejala –gejala lain kecuali jika ada penyakit lain yang menyebabkan timbulnya gangguan pada mekanisme neurohypophyseal renal reflex .






PATOGENESIS
Secara patogenesis diabetes insipidus di bagi atas dua , yaitu,. diabetes insipidus sentralis dan diabetes insipidus nefrogenik.
Diabetes Insipidus Sentralis ( DIS )
DIS disebabkan oleh berapa hal diantaranya adalah :
@ pengangkutan ADH/AVP yang tidak bekerja dengan baik akibat rusaknya akson pada traktus supraoptikohipofisealis
@ sintesis ADH terganggu
@ kerusakan pada nucleus supraoptik paraventricular
@ Gagalnya pengeluaran Vasopresin
Patofisiologi
Vasopresin arginin merupakan suatu hormon antidiuretik yang dibuat di nucleus supraoptik, paraventrikular , dan filiformis hipotalamus, bersama dengan pengikatnya yaitu neurofisin II. Vasopresin kemudian diangkut dari badan-badan sel neuron tempat pembuatannya, melalui akson menuju ke ujung-ujung saraf yang berada di kelenjar hipofisis posterior, yang merupakan tempat penyimpanannya. Secara fisiologis, vasopressin dan neurofisin yang tidak aktif akan disekresikan bila ada rangsang tertentu. Sekresi vasopresin diatur oleh rangsang yang meningkat pada reseptor volume dan osmotic. Suatu peningkatan osmolalitas cairan ekstraseluler atau penurunan volume intravaskuler akan merangsang sekresi vasopresin. Vasopressin kemudian meningkatkan permeabilitas epitel duktus pengumpul ginjal terhadap air melalui suatu mekanisme yang melibatkan pengaktifan adenolisin dan peningkatan AMP siklik. Akibatnya, konsentrasi kemih meningkat dan osmolalitas serum menurun. Osmolalitas serum biasanya dipertahankan konstan dengan batas yang sempit antara 290 dan 296 mOsm/kg H2O.
Gangguan dari fisiologi vasopressin ini dapat menyebabkan pengumpulan air pada duktus pengumpul ginjal karena berkurang permeabilitasnya, yang akan menyebabkan poliuria atau banyak kencing.
Selain itu, peningkatan osmolalitas plasma kan merangsang pusat haus, dan sebaliknya penurunan osmolalitas plasma akan menekan pusat haus. Ambang rangsang osmotic pusat haus lebih tinggi dibandingkan ambang rangsang sekresi vasopresin. Sehingga apabila osmolalitas plasma meningkat, maka tubuh terlebih dahulu akan mengatasinya dengan mensekresi vasopresin yang apabila masih meningkat akan merangsang pusat haus, yang akan berimplikasi orang tersebut minum banyak (polidipsia).
Secara patogenesis, diabetes insipidus dibagi menjadi 2 yaitu diabetes insipidus sentral, dimana gangguannya pada vasopresin itu sendiri dan diabetes insipidus nefrogenik, dimana gangguannya adalah karena tidak responsifnya tubulus ginjal terhadap vasopresin.
Diabetes insipidus sentral dapat disebabkan oleh kegagalan pelepasan hormone antidiuretik ADH yang merupakan kegagalan sintesis atau penyimpanan. Hal ini bisa disebabkan oleh kerusakan nucleus supraoptik, paraventrikular, dan filiformis hipotalamus yang mensistesis ADH. Selain itu, DIS juga timbul karena gangguan pengangkutan ADH akibat kerusakan pada akson traktus supraoptikohipofisealis dan aksin hipofisis posterior di mana ADH disimpan untuk sewaktu-waktu dilepaskan ke dalam sirkulasi jika dibutuhkan.
DIS dapat juga terjadi karena tidak adanya sintesis ADH, atau sintesis ADH yang kuantitatif tidak mencukupi kebutuhan, atau kuantitatif cukup tetapi tidak berfungsi normal. Terakhir, ditemukan bahwa DIS dapat juga terjadi karena terbentuknya antibody terhadap ADH.


Etiologi
Ada beberapa keadaan yang mengakibatkan diabetes insipidus sentral , termasuk di dalamnya adalah tumor-tumor pada hipotalamus, tumor-tumor besar hipofisis dan menghancurkan nucleus-nukleus hipotalamik, trauma kepala, cedera operasi pada hipotalamus, oklusi pembuluh darah pada intraserebral, dan penyakit-penyakit granuomatosa.
Gejala klinik
Keluhan dan gejala utama diabetes insipidus adalah poliuria dan polidipsia. Jumlah produksi urin maupun cairan yang diminum per 24 jam sangat banyak. Selain poliuria dan polidipsia, biasanya tidak terdapat gejala-gejala lain, kecuali bahaya baru yang timbul akibat dehidrasi yang dan peningkatan konsentrasi zat-zat terlarut yang timbul akibat gangguan rangsang haus.
Diabetes Nefrogenik ( DI )
DIN adalah diabetes insipidus yang tidak responsive terhadap ADH eksogen
ETIOLOGI
Diabetes Insipidus Nefrogenik dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu
1.Penyakit ginjal kronik
Penyakit ginjal polikistik
Medullary cystic disease
Pielonefretis
Obstruksi ureteral
Gagal ginjal lanjut
2.Gangguan elektrolit
Hipokalemia
Hiperkalsemia

3 Obat -obatan
litium
demoksiklin
asetoheksamid
tolazamid
glikurid
propoksifen
4 penyaki8t sickle cell
5 gangguan diet


Diagnosis
Ada sebuah cara untuk mendiagnosa penyebab suatu poliuria adalah akibat Diabetes Insipidus, bukan karena penyakit lain. Caranya adalah dengan menjawab tiga pertanyaan yang dapat kita ketahui dengan anamnesa dan pemeriksaan.
Pertama, apakah yang menyebabkan poliuria tersebut adalah pemasukan bahan tersebut (dalam hal ini air) yang berlebihan ke ginjal atau pengeluaran yang berlebihan. Bila pada anamnesa ditemukan bahwa pasien memang minum banyak, maka wajar apabila poliuria itu terjadi.
Kedua, apakah penyebab poliuria ini adalah factor renal atau bukan. Poliuria bisa terjadi pada penyakit gagal ginjal akut pada periode diuresis ketika penyembuhan. Namun, apabila poliuria ini terjadi karena penyakit gagal ginjal akut, maka akan ada riwayat oligouria (sedikit kencing).
Ketiga, Apakah bahan utama yang membentuk urin pada poliuria tersebut adalah air tanpa atau dengan zat-zat yang terlarut. Pada umumnya, poliuria akibat Diabetes Insipidus mengeluarkan air murni, namun tidak menutup kemungkinan ditemukan adanya zat-zat terlarut. Apabila ditemukan zat-zat terlarut berupa kadar glukosa yang tinggi (abnormal) maka dapat dicurigai bahwa poliuria tersebut akibat DM yang merupakan salah satu Differential Diagnosis dari Diabetes Insipidus.
Pemeriksaan Penunjang
Jika kita mencurigai penyebab poliuria ini adalah Diabetes Insipidua, maka harus melakukan pemeriksaan untuk menunjang diagnosis dan untuk membedakan apakah jenis Diabetes Insipidus yang dialami, karena penatalaksanaan dari dua jenis diabetes insipidus ini berbeda. Ada beberapa pemeriksaan pada Diabetes Insipidus, antara lain:
1.Hickey Hare atau Carter-Robbins
2.Fluid deprivation
3.Uji nikotin
Apapun pemeriksaannya, prinsipnya adalah untuk mengetahui volume, berat jenis, atau konsentrasi urin. Sedangkan untuk mengetahui jenisnya, dapat dengan memberikan vasopresin sintetis, pada Diabetes Insipidus Sentral akan terjadi penurunan jumlah urin, dan pada Diabetes Insipidus Nefrogenik tidak terjadi apa-apa.
Penatalaksanaan
Pengobatan pada Diabetes Insipidus harus sesuai dengan gejala yang ditimbulkannya. Pada pasien DIS parsial mekanisme haus yang tanpa gejala nokturia dan poliuria yang mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari tidak diperlukan terapi khusus.
Pada DIS yang komplit, biasanya diperlukan terapi hormone pengganti (hormonal replacement) DDAVP (1-desamino-8-d-arginine vasopressin) yang merupakan pilihan utama. Selain itu, bisa juga digunakan terapi adjuvant yang mengatur keseimbangan air, seperti:
Diuretik Tiazid
Klorpropamid
Klofibrat
Karbamazepin

17 comments:

Joko S.-Surabaya said...

Keponakan istri saya, masih berumur 2th 10 bulan. Porsi minumnya sangat sedikit, tapi hampir setiap 1,5 jam buang air kecil banyak sekali. Jadi per hari bisa buang air kecil di atas 10 kali. Awalnya kita tidak curiga, mungkin karena anaknya baru pindah dari jkt ke sby. Tapi ternyata kejadiannya sudah lama kata ibunya. Kelainan yang lain adalah, lambatnya si anak menerima rangsangan. Seperti dikitik-kitik, kadang nggak geli, di kasih tahu apa gitu baru nyambung dll. Apa ini ada hubungannya dengan hal itu? Apa ini merupakan indikasi ke Diabetes Insipidus? Selama ini belum pernah saya periksakan ke Laboratorium Klinik.

Anonymous said...

oeh kalau begitu keluhannya.. anak keponakan isteri bapa itu lagi mengidap diebetes neuropati. bukannya diabetes insipidus

t a R ii said...

kaka,,
makasih ya blognya,,
kaka dah ngebantu aku dalam kebingungan mencari bahan ttg gangguan metabolisme,,

x lg makasih ka,,

Anonymous said...

zulkiflithamrin.blogspot.com is very informative. The article is very professionally written. I enjoy reading zulkiflithamrin.blogspot.com every day.
quick loans
online payday loans canada

Anonymous said...

I will not acquiesce in on it. I regard as precise post. Expressly the title attracted me to study the sound story.

Anonymous said...

pak,,saya mau tanya..
saya terkadang buang air kecil terus-menerus terutama jika telalu lama duduk dan pada kondisi udara dingin..
frekuensi buang air kecilnya 10-15 menit ,,tetapi saya tidak merasa haus..
apkah ini normal???
trims,,

Anonymous said...

saya perempuan berumur 27 tahun, keluhannya sering buang air sesering saya minum air. misalkan pagi saya minum 1 gelas maka biasanya buang air kecilnya sampai 4-5 kali dlm 1 jam. tidk minumpun mash seprti itu.

MAMMHI JPT said...

saya sering klu pagi minum segelas air, trus nanti 4-5 kali buang air kecil baru rasanya lega. siang dan mlmpun sprti itu. apakah itu tanda-tanda DI

sapto hudaya said...

aslkm,,
sblumnya terima kasih byk.
sya laki2 umur 22thn.
setiap hari sya slalu buang air kecil stidak nya 20x/hari. setlh itu sya lngsung mrasa haus, dan akhirnya minum lg. sya jg suli tidur. gejal ini sya alami kurang lebih uda 7 thn. apakh benar sy menderita DI? klw iya DI yg jenis apa ?
merk dagang obat nya apa ya ??
terima kasih byk ats bantuan nya.
klw bs tolng di kirm ke email sya. sx lg terim kasih bbyk
wsl,,

mayaa said...

pak, klo sy boleh tnya2 (smacam sdikit konsultasi gt)...
sy skr umur 23 th. sy udah sering kncing sudah lama, mungkin skitar 3 tahunan, tapi sbelumnya udah ada indikasi sy sering kencing jg. naah, skarang2 ini sudah hampir 2 minggu sy makin sering kencing, terutama pagi setelah mandi dan setelah mandi sore sampai malem mau tidur. kaki sy cpat dingin, anggapan sy krna it sy jd sering bgt kencing. rasanya sperti gak tuntas gt kalo sy kencing skali, masi pengen dan masi pengen kencing lagi. kalo pagi stelah mandi sy bisa sampe 1,5 jam di kmar mandi nungguin kencing sy gak tuntas2, mungkin tiap 1-3menit sy kencing. tapi kalo udah agak siang, sudah tdk trlalu sesering kyk pagi.
sy sudah tes gula darah dan tes urin lengkap, semuanya masih dalam batas normal, hanya saja epitel 4-5 gt hasilnya. untuk tes DI di daerah sy blum ada dan sy belum sempat konsultasi ke dokter.
apakah gejala sperti itu ada indikasi sy kena DI?? mohon pnjelasanx (mohon dikirim ke email sy). trimakassiiih....

mayaa said...

o iyya, sy sempat dikasi tau sama dokter tmnx tante sy (cuma by phone, blum sempat konsultasi panjang lebar), sy disaranin minum Urispas (3x1), udah 3 hr sy minum tapi belum ada perubahan.

mohon pnjelasannya pak. trimmakassiih.....

tigamulia berasorganik said...

terima kasih atas postingannya

http://www.jualberasorganik.net

Anonymous said...

Great blοg уou have hеre.. Ӏt's difficult to find excellent writing like yours nowadays. I truly appreciate people like you! Take care!!

my web site ... the vitamin shoppe industries inc

Anonymous said...

When someonе writеs an aгticle he/she keeps the ideа of a useг in hiѕ/her bгain thаt hoω а
useг сan be аωare οf it.
Thuѕ that's why this piece of writing is outstdanding. Thanks!

Also visit my page :: vistaprint coupons

Anonymous said...

If some onе ωants expеrt viеw cοnсerning
blogging afterward i ѕuggest him/her to pay a visit thiѕ blog,
Κeеp up the niсe ωork.

Herе is mу ѕite :: Life insurance quotes

Anonymous said...

Foг most reсent news you have to go to see ωeb
and on the ωeb I found this web page as a most excellent site for newеst updates.


My hοmepage :: raspberry ketone

Anonymous said...

http://ww.rpinternational.org/home/tramadolonline/#14 tramadol 300 mg - tramadol dosage acetaminophen

Google