Saturday, May 26, 2007

Ego defense mechanism

cerita ini berawal dari pengamatan saya sebagai salah satu atlet "PELATNAS BUNG". sampai saat ini apa yang saya rasakan, apa yang saya lihat, cukup menggelitik, kadang saya berpikir tentang bangsa ini, seperti dunia Para pemain PS 2( Play Station ca"), ada yang unik dari setiap pemain PS 2, sikap ego sangat kental dalam permainan ini, semua jago, semua hebat, dan semua pemain mempertontonkan kemampuannya untuk jadi juara, nah.....lucunya lagi tidak ada pemain yang sportif untuk mengakui kekalahan-kekalahan mereka, satu hal yang harus digaris bawahi bahwa para pemain ini mencoba mermbuat pertahanan diri dengan berbagai alasan ketika menelan kekalahan sebut saja Arbaafivone, AstaQauliyah, EirisGastro, (saya juga.Hehehehe) dan banyak lagi, saya tidak bisa menyebut satu2, karena komunitas ini sudah ada dimana-mana, dan saya menamakan pertahanan diri mereka dengan sebutan Ego Defense Mechanism.

ego defense mechanism begitulah saya menyebutnya, satu hal yang saya mau angkat dari ilustrasi ini, bahwa kondisi bangsa saat ini banyak dipermainkan oleh pemain2, yaitu kalangan-kalangan elit, orang2 yang reformis dulunya, yang saat ini mulai jual beli kepentingan politik, sehingga semangat reformasi makin hari makin melemah ditambah lagi blunder-blunder terhadap nilai-nilai dan semangat nasionalisme, dan mereka menganggap itu hanya bagian dari perbaikan terhadapa kondisi bangsa saat ini. Tujuan reformasi saat ini saya kira sudah menyimpang dari perjuangan teman2, yang tinggal saat ini menurut saya hanya penonjolan retorika dan euforia reformasi.Kebebasan menyampaikan pendapat acapkali keluar dari norma demokrasi, tidak jarang berkembang dan menyimpang dalam bentuk keberingasan massa yang anarkhis. karena mereka bergerak dengan ego dan kepentingan pribadi ato golongan.Gangguan terhadap ketertiban publik seperti teror, konflik komunal yang berlatar belakang primordial (etnis, agama) radikalisme, kerusuhan atau pembangkangan masal, perdagangan narkoba, perjudian dan kejahatan lainnya yang tidak ditangani dengan tepat, dapat meningkat dan berkembang menjadi ancaman terhadap kondisi bangsa ini, dan saya kira ini semua berawal dari penghianatan reformasi oleh kaum yang opurtunis dan sakit hati terhadap pemerintahan yang ada saat ini yang menyuarakan reformasi untuk merongrong lawan politiknya.
mungkin alur logika yang saya gunakan ini tidak terlalu tepat sebagai ilustrasi kondisi bangsa ini dengan karakter penduduk yang berbeda-beda seakan-akan overgeneralisasi bahwa tipikal dan gaya pemain PS mewakili tipikal penduduk indonesia secara keseluruhan.
tapi ndak apalah kalo ilustrasi ini tidak bisa mewakili karakter rakyat bangsa ini secara keseluruhan, cukup buat orang-orang yang merasa saja.


4 comments:

Anonymous said...

Hey there! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to
look it over. I'm definitely loving the information. I'm
book-marking and will be tweeting this to my followers!

Exceptional blog and amazing design.
Also visit my web page :: Orlando Fl contractor

Anonymous said...

I constantly emailed this website post page to all my contacts, for the reason that if like to read it then my links will too.


Look at my weblog :: www.tamporno.net

Anonymous said...

Have you ever considered publishing an ebook
or guest authoring on other sites? I have a blog centered on the
same ideas you discuss and would really like to have
you share some stories/information. I know my audience would enjoy your work.
If you're even remotely interested, feel free to shoot me an e-mail.

My website; Japanese no mask 232

Anonymous said...

I have been browsing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all site owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before. Anna fromสล็อ

Google